Cara Mudah Membuat Kabel USB OTG Sendiri


Entah ide dari mana yang terlintas di benak saya untuk membuat Kabel USB OTG sendiri. Berawal dari iseng iseng bongkar isi card reader yang nganggur gak kepakai akhirnya timbul niat untuk membuat USB OTG.

Sobat pasti tau apa itu USB OTG? USB OTG adalah singkatan dalam bahasa inggris yaitu On-The-Go (OTG) Menurut Wikipedia USB OTG memungkinkan perangkat yang memiliki port USB seperti pemutar audio digital atau ponsel untuk bertindak sebagai HOST, yang memungkinkan perangkat USB lainnya seperti USB flashdrive, mouse, atau keyboard dapat terpasang kepada mereka. Tidak seperti sistem USB konvensional, USB OTG dapat bertindak sebagai perangkat USB normal ketika terpasang ke host lain. Hal ini dapat digunakan untuk memungkinkan ponsel untuk bertindak host untuk flashdrive dan membaca isinya, men-download musik misalnya, tapi kemudian bertindak sebagai flash drive ketika terhubung ke komputer host dan memungkinkan host untuk membacakan isi baru.

USB OTG Buatan Sendiri

Lanjut ke topik utama, untuk membuat USB OTG sendiri atau bahasa keren nya DIY ( Do It Yourself, buatan sendiri) ada beberapa Syarat dan bahan yang di perlukan antara lain:

1. Syarat:

• Pastikan bahwa perangkat sobat sudah support USB OTG, untuk cara mengecek nya sobat tinggal download aplikasi USB OTG Checker di Playstore.
• Pastikan bahan yang di perlukan sudah ada.

2. Bahan yang di perlukan:



• Kabel USB bekas isi 4, kenapa harus isi 4 ? Karena kalo isi dua itu indomie..eh maksud saya biasa biasa nya kabel usb isi 4 itu support transfer data. disini saya menggunakan kabel usb bekas Charger.
• Satu buah USB Betina, maksud saya itu loh lubang yang biasa terdapat di kepala charger atau biasa di sebut dengang Socket. Untuk ini saya dapatkan dari bekas mini music box bekas.sobat bisa juga menggunakan lubang socket dari bekas charger.
• Satu buah USB laki nya, apalagi ini maksud nya? Maksud saya itu loh yang biasa di colokin ke hp kita, atau biasa disebut dengan Port. Saya dapatkan ini dari bekas charger juga.
• Satu buah Solder gunanya untuk menyolder agar hasil kerja bisa kuat maksimal, kalo tidak punya boleh juga di pelintir kabel nya :p
• Timah secukup nya
• Bahan tambahan opsional seperti gunting, tang, solatif, dll.

3. Langkah Kerja:

Sebelum lanjut ke langkah kerja, silahkan perhatikan dulu skema USB OTG yang saya cuplik dari google:



Catatan:

• Dari skema di atas kita simpulkan terdapat dua bagian yakni sebagai Port & Socket, atau sebagai betina dan laki nya. Untuk laki nya ( gambar sebelah kiri ) di tandai dengan 5 jalur kabel, sedangkan untuk betina nya di tandai dengan hanya terdapat 4 kabel saja ( gambar bagian kanan ).
• Untuk warna hanya sebagai patokan agar lebih mudah di pahami, biasa nya dalam kabel usb usb default sudah terdapat 4 warna yaitu merah, hitam, hijau, dan putih. Untuk warna nya di sesuaikan saja.

Bagaimana ? Bingung kan? Saya juga bingung menjelaskan nya :p oke sampai disini saya anggap sobat paham apa yang saya jelaskan di atas. Lanjut ke tahap berikut nya.

• Perhatikan jalur pada port / usb laki di bawah Iini:


Dari gambar di atas kita lihat terdapat 5 jalur kabel, artinya 4 kabel di sambungkan ke betina satu kabel lagi di jadikan ground. Jangan sampai salah memilih jalur ya ..
• Solder kabel sesuai warna & nomor nya masing masing seperti gambar di bawah Iini

• Solder kabel antara Laki ke bini nya, atau dari host ke socket, Perhatikan gambar baik baik.
• Jika sudah selesai, mari kita test colokin ke hp kalo terhubung berarti kita sukses membuat Kabel USB OTG sendiri, jika tidak terhubung silahkan periksa ulang jalur kabel nya.

Sampai disini kita telah selesai membuat Kabel OTG sendiri. Sebenarnya sih sangat mudah tergantung kita nya pintar apa tidak :v hahah..cara ini sukses saya test di hp Samsung Galaxy Win. Selamat mencoba :)

2 Responses to "Cara Mudah Membuat Kabel USB OTG Sendiri"

  1. Di socket yg laki.. Cuma ada 4 jalur bos. Itu gimana????

    ReplyDelete

Blog ini selalu aktif, silahkan berkomentar yang relevan sesuai Posting

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close