10 Tips Menghemat Baterai Android Paling Ampuh

Cara Agar Baterai Smartphone Lebih Hemat - Baterai smartphone anda terasa lebih boros dari semesti nya? Kenapa baterai smartphone sangat boros padahal hp baru beli? Penyebab baterai smartphone boros bukan lah semata mata karena kualitas yang memproduksi nya jelek, bisa jadi penyebai batre boros itu adalah kesalahan kita sendiri.

Seperti yang kita tahu, bahwa smartphone android lebih besar memakan daya baterai di banding hp feature phone di karenakan semakin canggih makan akan semakin besar pula daya yang di butuhkan. Singkat nya, aplikasi yang ada di hanphone tersebut akan berjalan otomatis setelah handphone di nyalakan meski kita tidak memakai nya.

Lalu bagaimana supaya batre HP lebih hemat dan tahan lama? Mudah saja, anda hanya perlu membuang beberapa kesalahan dan kebiasaan jelek yang sering anda lakukan. Sering kali kita mengabaikan hal kecil namun bisa berdampak fatal akibat nya jika menyepelekan nya.

Ilustrasi: Cara Menghemat Baterai Android


Di artikel kali ini Droid Custom akan memberikan 10 Tips supaya batre smartphone lebih awet dan tahan lama, silahkan di simak yaa agar tidak terjadi kesalahan lagi.

Cara Agar Baterai Smartphone Android Lebih Hemat


1.  Jangan Charge Baterai Semalaman


Jangan melakukan isi ulang baterai smartphone semalaman.Hal ini akan memicu overheat pada permukaan smartphone, dan membuat baterai smartphone kamu cepat rusak. Agar umur baterai smartphone kamu lebih panjang, sebaiknya lakukan isi ulang baterai smartphone saat baterainya tinggal 15% dan cabut saat terisi sekitar 100%. Ini bertujuan untuk menjaga siklus baterai smartphone kamu. Akan tetapi hal ini tidak akan terjadi jika handphone yang kamu miliki sudah menggunakan teknologi baterai "Li Poly " atau "Lithium Polymer" hal ini sudah bisa tertangani, di karenakan handphone yang menggunakan baterai jenis ini bisa memutuskan aliran listrik jika tingkat baterai sudah mencapai maksimum.

2. Jangan Biarkan Smartphone Overheat


Agar tidak overheat, coba gunakan smartphone dengan bijak. Penggunaan kamera atau game secara terus menerus pun akan memicu overheat, maka disarankan agar selalu menutup aplikasi kamera jika tidak digunakan. Selain aktivitas penggunaan, smartphone juga bisa menjadi panas jika disimpan di tempat yang permukaannya memproduksi panas berlebih. Jadi hindari menyimpan smartphone di tempat seperti kulkas, di dalam mobil saat terkena sinar matahari, atau tempat panas lainnya.

3.  Kurangi Kecerahan Layar


Sudah bukan rahasia, membuat layar smartphone dalam tingkat kecerahan paling rendah akan membuat smartphone kamu lebih hemat baterai. so, agar semakin awet baterai, jangan lupa untuk mengatur time sleep-nya juga ke waktu yang sekiranya tidak terlalu lama (di sarankan 1 menit).

4.  Matikan Notifikasi


notifikasi tidak penting yang masuk dari aplikasi ataupun game akan memakan daya baterai kamu. coba matikan notifikasi aplikasi tertentu yang tidak kamu anggap penting. Caranya, masuk ke menu setting lalu pilih Apps, kemudian pilih aplikasi ataupun game yang tidak ingin kamu tampilkan notifikasinya. Pada bagian "Show Notification", hilangkan centangnya.



5.  Live Wallpaper

live wallpaper di Android memang membuat tampilan Android kamu jadi keren, tapi juga akan membuat baterai smartphone kamu cepat habis. Maka dari itu gunakan wallpaper statis saja, kalau bisa gunakan lah wallpaper yang berwarna gelap agar bisa mengurangi penggunakan baterai

6. Nonaktifkan Jaringan 4G Jika Signal Tidak Stabil

Salah satu penyebab baterai boros adalah jaringan penggunaan 4G, Oleh karena itu matikan lah jaringan 4G jika tidak sedang di perlukan apalagi di lingkungan anda belum sepenuh nya terjangkau jaringan 4G yang stabil akibat nya handphone akan terus menerus mencari sinyal. Selain dapat menguras daya baterai, penggunaan 4G juga dapat menyebabkan Handphone terasa lebih panas jika jaringan 4G yang anda pakai kurang stabil. so lebih baik di matikan saja.

7. Unistall Aplikasi Yang Tidak Penting

Selain mengurangi penggunaan baterai, dengan menghapus aplikasi yang tidak penting juga bisa menambah ruang memori yang tersedia di perangkat anda. Oleh karena itu hapus lah aplikasi yang sekiranya tidak memberi manfaat.

8. Matikan Vibrate / Getar

Percayalah, getaran pada handphone akan lebih besar menggunakan daya baterai, jadi alangkah lebih baik nya jika anda hanya menggunakan nada saja untuk setiap notifikasi. Gak percaya ? di coba aja dulu.

9. Matikan Data/Hotspot/WIFI/Bluetooth/GPS Jika Tidak Digunakan

Jika handphone sedang tidak digunakan contoh nya di tinggal kerja atau yang lainya alangkah mematikan fitur koneksi di hanphone anda, seperti hotspot, wifi, bluetooth, gps.  hal ini akan sangat mebantu anda untuk menghemat baterai.

10.  Maksimalkan Rooting Handphone

Jika anda adalah seorang opreker, maka hal rooting adalah hal yang sudah mainstream, untuk lebih menghemat baterai anda bisa menurunkan Clock CPU dengan aplikasi CPU Freq, atau bisa juga menghibernate aplikasi dengan menggunakan aplikasi Grenify dan sejenis nya. Menurut saya, tips no 10 ini adalah hal yang paling mujarab untuk menghemat baterai android anda.

Nah itu dia artikel tentang "10 Tips Agar Baterai Smartphone Lebih Awet" semoga bisa memberikan manfaat serta menambah pengetahuan dimanapun anda berada. Silahkan share / subscribe agar tidak ketinggalan berita terbaru dari blog ini.

0 Response to "10 Tips Menghemat Baterai Android Paling Ampuh"

Post a Comment

Blog ini selalu aktif, silahkan berkomentar yang relevan sesuai Posting

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel