Cara Memperbaiki Masalah Smartphone yang Paling Umum

Tidak ada orang yang ingin Smartphone yang mereka miliki rusak: Anda perlu gadget itu untuk tetap berfungsi dengan baik. Sayangnya, bug, crash, dan masalah lainnya tidak dapat dihindari, terutama karena ponsel Anda semakin tua. Sisi baiknya, banyak masalah yang paling umum memiliki perbaikan yang relatif sederhana — yang dapat Anda lakukan sendiri.

 Sebelum Anda memulai, kata peringatan: Anda tidak akan dapat memperbaiki setiap masalah sendiri. Jika solusi ini tidak berhasil, Anda mungkin harus membawa ponsel Anda ke bengkel profesional, atau upgrade ke model baru . Tetapi sementara Anda tidak perlu mengotak-atik smartphone Anda yang disetel dengan halus seperti yang Anda lakukan dengan, katakanlah, mesin mobil, Anda memiliki pilihan. Berikut adalah beberapa masalah ponsel paling umum yang akan Anda temui, dan cara memperbaikinya.

#Beberapa aplikasi yang salah

Bahkan ketika gangguan hanya mengenai satu atau dua aplikasi, mereka dapat memperlambat seluruh ponsel Anda. Jadi mulailah dengan mencari tahu apakah masalah Anda terjadi dengan banyak aplikasi yang berbeda atau hanya beberapa. Jika yang terakhir, Anda mungkin bisa memperbaiki situasi dengan menghapus data yang disimpan program masalah di ponsel Anda.

Di Android, buka Pengaturan, buka Aplikasi & notifikasi, lalu Info aplikasi, pilih aplikasi yang merepotkan, dan ketuk Penyimpanan. Di sini, Anda memiliki dua opsi. Untuk resor pertama, pilih Clear Cache untuk menghapus hanya file sementara yang disimpan aplikasi di ponsel Anda (ketika ini tumbuh terlalu banyak atau rusak, mereka dapat mengacaukan kecepatan dan kekuatan aplikasi). Mengosongkan cache tidak akan mengacaukan pengaturan aplikasi, tetapi mungkin tidak cukup untuk menyelesaikan masalah Anda. Jika tidak membantu, pilih Hapus Data untuk menghapus semua informasi aplikasi dan mulai lagi dari awal. Menghapus data menawarkan opsi yang lebih komprehensif, tetapi Anda mungkin harus memasukkan kembali informasi Anda setelahnya: Jika Anda melakukan ini untuk aplikasi media sosial, misalnya, itu akan melupakan nama pengguna dan kata sandi Anda , jadi Anda harus masuk lagi.

Di iOS, Anda tidak mendapatkan opsi penghapusan data yang sama. Sebagai gantinya, Anda harus menghapus dan menginstal ulang aplikasi Anda. Temukan ikonnya di layar awal, tekan dan tahan, lalu ketuk simbol x untuk menghapusnya. Kemudian temukan di App Store dan instal ulang lagi. Ini akan menghapus semua data yang disimpan secara lokal, membiarkan aplikasi mem-boot lagi dari awal.

Trik instal-instal ulang yang lama juga akan berfungsi di ponsel Android, jika trik menghapus data gagal: Buka direktori aplikasi Anda, ketuk dan tahan ikon aplikasi, dan seret ke tombol Hapus instalan. Metode ini memiliki keuntungan tambahan untuk memastikan Anda menjalankan versi terbaru aplikasi, yang akan memiliki semua patch dan perbaikan bug yang diperbarui. Sebelum Anda masuk ke instal-instal ulang, Anda harus mencadangkan data aplikasi, apakah itu dokumen atau nilai tinggi, jika Anda ingin mendapatkannya kembali. Sebagian besar aplikasi sekarang dapat menyimpan data di cloud, tetapi tidak ada salahnya untuk memeriksa ulang.

Jika Anda masih mengalami masalah dengan aplikasi bahkan setelah mencopot pemasangan dan menginstalnya kembali, mungkin sudah waktunya untuk menghubungi pengembang langsung dengan detail masalah Anda. Ingat untuk menyertakan deskripsi menyeluruh dan perhatikan perangkat seluler yang Anda gunakan. Detail kontak pengembang biasanya dapat ditemukan di daftar online aplikasi.

#Bug yang tersebar luas

Jika masalah terus muncul hampir acak di semua jenis aplikasi, Anda akan merasa lebih sulit untuk menuliskan satu akar masalah. Mungkin komponen perangkat keras gagal berfungsi, atau perangkat terlalu panas, atau pembaruan tidak berfungsi dengan benar. Tetapi Anda tidak perlu mendiagnosis ponsel untuk memperbaikinya.

Keterlambatan lama untuk mematikan dan menghidupkan perangkat lagi dapat menyelesaikan berbagai masalah. Ini berfungsi karena menghapus semua yang ada di memori sementara ponsel Anda. Jika beberapa aplikasi membuat seluruh telepon menjadi rusak, itu mungkin cukup untuk membuat perangkat Anda berfungsi kembali.
Jika telepon telah membeku dan Anda tidak dapat mematikannya dengan cara normal, cobalah kombinasi pengaturan ulang perangkat keras khusus. Untuk mencari tahu tombol apa yang harus ditekan dan ditahan untuk memaksa mengatur ulang, cari make dan model ponsel Anda secara online. 

 Jika gagal-gagal lagi gagal, saatnya untuk melakukan beberapa pekerjaan detektif. Kecelakaan yang tidak dapat dijelaskan dapat disebabkan oleh ponsel yang terlalu panas, jadi pantau suhunya saat Anda menggunakan dan mengisi daya. Jika sering panas jika disentuh, masalahnya mungkin terletak pada pengisi baterai yang rusak atau baterai yang ada di kaki terakhirnya.

Kurangnya ruang penyimpanan lokal juga dapat menyebabkan bug acak dan macet, jadi periksa seberapa banyak ruang kosong yang dimiliki perangkat. Di Android, buka Pengaturan kemudian buka Storage; di iOS, buka Pengaturan kemudian ketuk Umum dan Penyimpanan iPhone. Jika terlalu ramai adalah masalah, Anda perlu membuat beberapa ruang: Lihat panduan kami untuk membebaskan ruang di ponsel Anda .

Sebagai upaya terakhir, pertimbangkan untuk mengatur ulang seluruh telepon Anda kembali ke pengaturan pabriknya. Jika masalah masih berlanjut setelah itu, Anda mungkin melihat kesalahan perangkat keras. Untuk mengatasinya, gulir ke bawah ke bagian Pemecahan Masalah di bawah ini.

#Daya tahan baterai buruk

Setiap pemilik smartphone berjuang sampai batas tertentu dengan masa pakai baterai . Tetapi ketika tagihan Anda turun hingga setengahnya hanya dalam beberapa jam, Anda berada dalam masalah. Ini bisa terjadi ketika baterai yang menderita usia tua mulai merendahkan dengan cepat. Dalam hal ini, jika Anda memiliki telepon yang lebih tua, Anda harus melihat baterai diganti secara profesional. Atau, jika Anda ingin meningkatkan, pertimbangkan untuk membeli model telepon baru dan mendaur ulang yang lama .

Namun, sebelum Anda mulai meneliti ponsel baru, cobalah beberapa trik untuk memaksimalkan masa pakai baterai Anda . Pertama, cari tahu apakah Anda dapat meletakkan baterai yang disalahkan pada satu atau dua aplikasi. Di Android atau iOS, Anda dapat memeriksa ini melalui entri Baterai di Pengaturan. Jika Anda mengidentifikasi beberapa babi energi, keluarkan dari ponsel Anda untuk melihat apakah masalah tersebut hilang. Saat Anda mengaduk-aduk menu Baterai, Anda dapat mengakses mode penghemat baterai khusus (disebut Penghemat baterai pada Android dan mode daya rendah di iPhone). Mengaktifkan ini tidak akan memperbaiki masalah mendasar Anda, tetapi itu dapat memberi Anda sedikit lebih banyak waktu di antara tagihan.

Untuk memperpanjang masa pakai baterai lebih jauh, setidaknya untuk sementara, redupkan kecerahan layar atau letakkan ponsel dalam mode pesawat secara berkala. Pelacakan lokasi juga dapat menguras baterai Anda — matikan di Android di Pengaturan> Lokasi dan di iOS di Pengaturan> Privasi dan Layanan Lokasi.

#Penerimaan yang buruk

Jangan salahkan ponsel Anda jika mengalami masalah jaringan yang menyulitkan untuk terhubung ke Wi-Fi atau menangkap sinyal seluler. Pelakunya bisa eksternal. Apakah Anda di tempat mati yang terkenal di mana tidak ada yang bisa mendapatkan sinyal? Jika Anda di rumah, apakah perangkat lain berjuang untuk terhubung ke web? Anda mungkin perlu memfokuskan pemecahan masalah Anda pada sesuatu selain ponsel Anda .

Panggilan ke operator Anda atau Penyedia Layanan Internet — jika Anda dapat melakukannya — dapat menjadi langkah berikutnya dalam upaya membuat semuanya berfungsi kembali. Mereka akan tahu lebih banyak tentang masalah khusus untuk ponsel dan layanan Anda. Sebagai alternatif, cobalah pencarian web cepat menggunakan make dan model telepon Anda, dan nama operator atau penyedia internet Anda. Anda mungkin menemukan solusi dari orang-orang yang memiliki masalah yang sama dengan Anda.

Jika Anda telah menetapkan bahwa ponsel Anda benar-benar bersalah, mulailah dengan reboot sederhana. Ini mengatur ulang semua koneksi nirkabel ponsel Anda dan membuatnya lagi dari awal. Jika Anda tidak ingin mematikan ponsel dan menghidupkannya lagi, cobalah memasukkannya ke mode pesawat dan kemudian mematikan mode — ini akan memiliki efek yang sama.

Untuk masalah persisten, pastikan Anda menjalankan versi terbaru sistem operasi seluler Anda. Ini akan memiliki perbaikan bug terbaru dan siap bekerja dengan pengaturan terbaru dari operator atau router Anda. Jika Anda telah menunda pembaruan sistem operasi, kemudian tangani sekarang.
Jika pengaturan ulang dan pembaruan gagal, Anda telah kehabisan opsi perbaikan rumah. 

Konektivitas adalah salah satu fitur yang seharusnya "berfungsi," jadi jika tidak, maka Anda mungkin melihat telepon yang rusak, kartu SIM yang rusak, atau masalah dengan jaringan itu sendiri. Jika masalah ini tiba-tiba muncul, dan bukan karena Anda mengubah pengaturan apa pun di ponsel Anda, kemungkinan besar ponsel Anda tidak disalahkan. Dalam hal ini, Anda pasti ingin memanggil pakar di pabrikan ponsel Anda atau penyedia layanan Anda.

#Pemecahan masalah lainnya

Jika Anda mengalami masalah yang tidak disebutkan secara spesifik di sini, Anda mungkin bisa menggali beberapa solusi secara online. Pastikan untuk memilih kata kunci spesifik yang menyertakan jenis ponsel Anda dan masalah sebenarnya yang mengganggu itu. Jika tidak, Anda akan menemukan ribuan hasil dari berbagai relevansi.

Di luar itu, usaha terakhir Anda dapat menjadi reset penuh telepon Anda. Proses ini mengembalikan ponsel Anda kembali ke keadaan pabrik aslinya, jadi jika masih bermasalah setelah itu , maka Anda mungkin melihat bagian perangkat keras yang rusak atau rusak. Mengatur ulang telepon tidak terlalu sulit — pastikan untuk mencadangkan semua informasi penting Anda terlebih dahulu, karena pengaturan ulang akan menghapus semuanya. Panduan kami untuk membuat cadangan dataakan membantu Anda di sini.

Pada versi terbaru dari Android stok, Anda harus menuju ke Pengaturan, lalu ketuk Sistem dan Reset. Reset data Pabrik Hit lalu konfirmasikan pilihan Anda. Anda akan melihat ringkasan singkat tentang apa yang akan dihapus sebelum proses dimulai. Untuk detail lebih lanjut, termasuk beberapa kiat tentang back-up, lihat panduan resmi Google . Jika Anda menggunakan versi non-stok Android, maka prosedurnya mungkin sedikit berbeda, tetapi opsi atur ulang seharusnya mudah ditemukan di Pengaturan.

Pada perangkat iOS, Anda perlu membuka Pengaturan, buka Umum dan Reset, lalu ketuk Hapus Semua Konten dan Pengaturan. Anda harus memasukkan kode sandi atau ID Apple dan kata sandi untuk mengonfirmasi pilihan Anda. Apple memiliki panduan komprehensif di sini satu lagi di sini jika Anda ingin mengatur ulang ponsel Anda menggunakan iTunes di komputer.

Ingat, Anda harus mengetahui rincian akun Google atau Apple Anda untuk mengatur ponsel dari awal lagi. Dan jika Anda telah mengaktifkan verifikasi dua langkah pada akun Anda, Anda akan membutuhkan metode pencadangan untuk memverifikasi identitas Anda — sesuatu yang tidak melibatkan ponsel yang baru-dihapus. Mungkin terdengar seperti proses bodoh, tetapi itu tidak akan memakan banyak waktu. Pada akhirnya, pengaturan ulang pabrik adalah pilihan paling tepat untuk memperbaiki berbagai bug dan masalah perangkat terus-menerus.

0 Response to "Cara Memperbaiki Masalah Smartphone yang Paling Umum"

Post a Comment

Blog ini selalu aktif, silahkan berkomentar yang relevan sesuai Posting

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close