Cara mengatasi HP Bootloop, Memperbaikinya Tanpa Kehilangan Data

Cara mengatasi HP Bootloop, Memperbaikinya Tanpa Kehilangan Data
Cara mengatasi HP Bootloop, Apakah anda seperti pengguna smartphone lainnya yang sedang mengalami masalah Smartphone Android Bootloop, dan bertanya-tanya apa sebenarnya Android boot loop. Well, Android boot loop hanyalah kesalahan yang membuat ponsel Anda aktif sendiri setiap kali Anda mematikannya secara manual. Tepatnya, disaat android anda restart dan mati sendiri secara otomatis setelah beberapa detik, sehingga smartphone tidak bisa dioperasikan dan kemungkinan besar Smartphone anda terjebak di Android bootloop.

Bootloop pada Android adalah permasalahan yang sangat umum dan merupakan salah satu gejala pertama perangkat mengalami Soft-Brick. Juga, ketika perangkat Anda mengalami masalah Android Bootloop, biasanya start Android menjadi tidak mulai normal dan tidak masuk pada pada beranda Smartphone atau Locked Screen dan hanya loading terus menerus pada logo perangkat, Recovery Mode atau layar menyala. Banyak orang takut kehilangan data dan file mereka karena kesalahan ini dan tentunya hal ini menjadi sesuatu yang sangat membingungkan.

Kami memahami ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh masalah android Bootloot tersebut, oleh karena itu, berikut adalah cara memperbaiki masalah bootloop di perangkat Android tanpa kehilangan data-data penting pada smartphone android.
Namun, sebelum melanjutkan, mari kita ketahui tentang penyebab kesalahan yang menyebabkan Bootloop pada Smartphone Android.

Bagian 1: Apa penyebab masalah bootloop pada Android?
Kesalahan booting pada Android mungkin membuat anda bingun dan tidak dapat dimengerti oleh para pengguna Android, tetapi secara umum hal ini terjadi karena beberapa alasan tertentu.

Pertama-tama, harap dipahami bahwa itu banyak orang yang salah menyangka bahwa kesalahan yang menyebabkan Android boot loop hanya terjadi di perangkat yang telah di root. Kesalahan Bootloop pada Android ini juga dapat terjadi di perangkat stok dengan perangkat lunak asli, ROM, dan firmware.

Pada perangkat yang di-root, perubahan yang dibuat, seperti flashing ROM baru atau firmware khusus yang tidak kompatibel dengan perangkat keras perangkat atau perangkat lunak yang ada, dapat disalahkan untuk masalah boot loop.

Ketika perangkat lunak perangkat Anda tidak dapat berkomunikasi dengan file sistem selama proses start-up, masalah Bootloop Android mungkin muncul. Kesalahan seperti itu disebabkan jika Anda baru saja mengupdate versi terbaru Android.

Selain itu, file pembaruan Aplikasi yang korup juga dapat menyebabkan masalah bootloop Android. Aplikasi dan program yang diunduh dari sumber tidak dikenal membawa jenis virus tertentu yang mencegah Anda menggunakan perangkat dengan lancar.

Kesalahan boot loop Android adalah hasil langsung ketika Anda mencoba untuk mengutak-atik pengaturan internal perangkat Anda.
Oleh karena itu, jika Anda mencari panduan tentang cara memperbaiki masalah boot loop, Anda harus mengubah perangkat secara internal dengan mengatur ulang atau mempelajari metode pemulihan.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara memperbaiki kesalahan bootloop tanpa kehilangan data ketika perangkat Anda mengalami masalah bootloop Android.

Bagian 2: Soft reset untuk memperbaiki masalah Android bootloop.
Ketika perangkat Anda terjebak pada Bootloop Android, ini bukan berarti bahwa itu adalah Brick. Boot loop mungkin terjadi karena masalah yang lebih sederhana yang dapat diperbaiki yaitu dengan mematikan perangkat Anda. 

Berikut langkah-langkah mudah untuk melakukan soft reset perangkat Android Anda:

Matikan perangkat dan keluarkan baterainya.

Atau jika Anda tidak dapat mengeluarkan baterai, biarkan telepon mati selama 3 hingga 5 menit dan kemudian hidupkan kembali.

Cara sederhana ini dapat membantu anda untuk mengatasi Hp Bootloop. Cara ini sangat berguna karena tidak mengakibatkan kerugian dalam bentuk data dan melindungi semua file media, dokumen, pengaturan, dll.
Dalam hal perangkat tidak menyala secara normal dan masih terjebak dalam masalah bootloop Android, bersiaplah untuk menggunakan teknik pemecahan masalah seperti di bawah ini.

Bagian 3: kembali ke setelan pabrik untuk memperbaiki masalah Android Bootloop.
Factory Reset, juga dikenal sebagai Hard Reset, adalah solusi umum untuk semua perangkat Android. Android boot loop dapat dengan mudah diatasi dengan melakukan reset kembali ke Setelan Pabrik.

Harap dicatat bahwa semua data dan pengaturan perangkat Anda akan dihapus jika menggunakan cara ini. Namun, jika Anda memiliki akun Google yang masuk di perangkat Android Anda, Anda akan dapat mengambil sebagian besar data Anda satu perangkat menyala.

Untuk menyetel ulang perangkat Android Anda, Anda harus melakukan booting ke layar Mode Pemulihan terlebih dahulu.

Cara melakukannya adalah:
Tekan tombol volume bawah dan tombol daya bersama-sama hingga Anda melihat layar Android System Recovery.

Saat Anda berada di layar Mode Pemulihan, gulir ke bawah menggunakan tombol volume bawah dan dari opsi yang diberikan, pilih "Factory Reset" menggunakan tombol Power.

Tunggu perangkat Anda proses Reset lalu Reboot telepon dalam Mode Pemulihan dengan memilih opsi pertama.

Solusi ini dikenal untuk memperbaiki kesalahan boot loop 9 dari 10 kali, tetapi jika Anda masih tidak dapat memulai perangkat Android Anda secara normal, kita bisa menggunakan Pemulihan CWM untuk menyelesaikan masalah boot loop pada Android.

Bagian 4: Gunakan CWM Recovery untuk memperbaiki bootloop pada Android yang di-root.
CWM singkatan Clock Work Mod dan itu adalah sistem pemulihan kustom yang sangat populer. Untuk menggunakan sistem ini untuk mengatasi kesalahan Android boot loop, perangkat Android Anda harus di-root dengan CWM Recovery System yang pada dasarnya berarti CWM harus diunduh dan diinstal pada perangkat Anda.

Selanjutnya, untuk menggunakan CWM Recovery untuk memperbaiki loop boot pada perangkat Android yang di-root, ikuti langkah-langkah berikut:
Tekan Tombol Home, Power, dan Volume Up untuk meluncurkan layar CWM Recovery.

Catatan: Anda mungkin harus menggunakan kombinasi tombol yang berbeda untuk masuk ke dalam Mode Pemulihan, tergantung pada model perangkat Anda.

Gulir ke bawah menggunakan "tombol volume untuk memilih" Advanced ".

Sekarang pilih "Hapus" dan pilih untuk menghapus "Dalvik Cache".

Pada langkah ini, pilih "Mounts and Storage" untuk mengklik "Wipe" atau "Cache".
Setelah ini selesai, pastikan untuk mereboot perangkat Android Anda.

Proses ini akan berhasil memperbaiki kesalahan boot loop Android dan tidak menyebabkan hilangnya data yang tersimpan di perangkat Anda yang terjebak dalam bootloop.

Jadi intinya adalah bahwa masalah Android boot loop mungkin tampak seperti kesalahan yang tidak dapat diperbaiki tetapi dapat diselesaikan dengan hati-hati mengikuti teknik yang dijelaskan di atas. 

Metode ini tidak hanya memberi tahu Anda cara memperbaiki masalah bootloop tetapi juga mencegahnya terjadi di lain waktu.
Sebuah loop boot Android adalah Kejadian umum pada semua perangkat Android karena kami cenderung mengutak-atik pengaturan internal perangkat kami. Setelah ROM, firmware, kernel, dll rusak atau dibuat tidak sesuai dengan perangkat lunak perangkat, Anda tidak dapat mengharapkannya berfungsi dengan lancar, karenanya, kesalahan loop booting terjadi. 

Karena Anda bukan satu-satunya yang mengalami masalah boot loop Android, yakinlah bahwa cara yang diberikan di atas, untuk mengatasi Android Bootloop tersebut direkomendasikan oleh pengguna yang pernah mengalami masalah serupa. Jadi, jangan ragu dan lanjutkan untuk mencobanya.

0 Response to "Cara mengatasi HP Bootloop, Memperbaikinya Tanpa Kehilangan Data"

Post a Comment

Blog ini selalu aktif, silahkan berkomentar yang relevan sesuai Posting

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close